CARA MEMPERBAIKI KERUSAKAN PADA USB KOMPUTER

Apa yang ada dalam pikiran anda ketika anda di sibukkan dengan tugas yang menumpuk dan file – file yang anda simpan tidak ada pada PC anda tetapi pada flashdisk yang anda gunakan, tetapi port USB pada laptop/PC anda tidak berfungsi secara maksimal…??? mudah – mudahan artikel ini akan sangat membantu. Jika Anda mencari cara yang efisien untuk memperbaiki masalah port USB pada laptop atau PC yang tidak berfungsi,

Tidak hanya komputer desktop dan laptop tapi ponsel  juga dilengkapi dengan port ini sekarang. Dengan USB 2.0 menyediakan hingga 480 Mbps dari kecepatan transfer, transfer data cukup cepat. Port yang dapat dikenali oleh simbol trisula yang terukir di dekat masing-masing port.
Bila Anda menemukan port USB menjadi disfungsional pada laptop, hidup bisa sulit, karena menghubungkan drive melompat dan perangkat seperti printer menjadi tidak mungkin. Dalam kasus tersebut, di mana Anda melihat
USB device not recognized” ' yang merupakan pesan kesalahan ketika anda mencolokkan flashdisk . Masalah ini sering kita alami Masalah ini biasanya bisa diperbaiki dengan mudah, karena sebagian besar terletak pada tingkat perangkat lunak. Berikut saya akan coba jelaskan langkah-langkah untuk mengatasi masalah diatas.

Cukup Restart Komputer

Jika USB port telah berhenti bekerja, cara yang paling sederhana untuk memperbaikinya  adalah dengan restart kembali komputer anda. Hal ini bertujuan untuk mendeteksi kembali  driver atau software pada windows anda.

Jalankan Device Manager
Jika restart komputer Anda tidak bekerja atau jika tidak menjadi pilihan bagi Anda, langkah berikut yang bisa djalankan adalah buka device manager. Dalam kebanyakan kasus  Anda menemukan port USB tidak bekerja secara maksimal pada windows XP ( SP2) , langkah berikutnya adalah dengan mengetikkan 'devmgmt.msc' di kotak pencarian dan menjalankan aplikasi. Ketika jendela yang terbuka, klik pada 'komputer' dalam daftar, buka tab 'action' dan klik ' Scan for hardware changes'. Lihat apakah perangkat USB yang tercantum dalam perubahan hardware.

Disable USB Controller

Cara lain
yang bisa dilakukan adalah dengan menonaktifkan (uninstall) USB kemudian restart komputer anda untuk menginstal ulang perangkat USB controller. Untuk melakukan itu Anda harus klik pada tombol 'start' dan ketik 'devmgmt.msc' di kotak pencarian dan menjalankannya. Dalam daftar yang Anda lihat dalam jendela yang terbuka, cari USB controller. Klik kanan dan uninstall semua kontroler  tersebut  Setelah Anda selesai menguninstall semua kontroler, hanya restart komputer.
 
  
Pembaruan Port USB driver
Alasan lain  ke
rusakan pada port USB adalah kesalahan dari driver USB tersebut. Jalan  keluarnya adalah  mencari driver yang tepat dan pasang install ulang driver tersebut atau anda. Hal ini dilakukann dengan men-download driver yang sesuai.
Jika dari salahsatu langkah diatas tidak befungsi dengan baik kesimpulannya adalah , kemungkinan bahwa port USB telah rusak.
Dalam hal ini, solusi yang terbaik dan yang harus anda lakukan adalah dengan memperbaiki port USB Laptop atau PC anda kepada teknisi komputer. Namun, saya yakin bahwa sebagian besar masalah Anda akan diatasi pada tingkat perangkat lunak dan akan diselesaikan dengan menjalankan semua langkah-langkah diatas.
Mudah – mudahan….^ ^

2 komentar:

Unknown said...

nice pos.....

Unknown said...

After looking over a few of the blog articles on your web page, I truly like your way of blogging. I saved it to my bookmark site list and will be checking back in the near future. Please check out my web situs as well and let me know what you think.

Post a Comment

Privacy Policy - JARINGAN KOMPUTER Copyright @ 2017 -Plasidius Flavianus Daparto