Networking Monitoring Tools

Seperti dijelaskan pada judul yang pada blog ini bahwa jaringan internet (wifi atau lan) memiliki kelebihan atau kekurangannya masing - masing. Hal ini diakibatkan bukan karena pada pada saat pemasangan mengalami kekurangan hadware ataupun software tetapi ada faktor - faktor lain yang yang harus di perhatikan. maksudnya bahwa dari jaringan yang sudah dipasang jelas akan mengalami gangguan seperti pada saat transfer pertukaran data antara client. Hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa data atau  file yang ditransfer sudah terinfeksi dengan virus,nah hal ini sangat membahayakan bagi client yang akan menerima data yang ditransfer oleh client lain (biasanya pertukaran data ini dilakukan pada kalangan bisnis terkemuka). Baiklah saya akan jelaskan bagaimana data tersebut agar bisa dikirim ke client lain tapi aman dari gangguan virus.  
  1. Pada saat client A mengirim data ke client B maka akan terjadi komunikasi data secara nirkabel (wireless) atau kabel (Ethernet UTP / STP). ketika data tersebut dikirim ada beberapa tahap yang dilalui diantaranya adalah data dikirim melalui email servers,web servers,file servers,WAN connections dan network devices (hubs,switches dan modem) 
  2. Dalam proses transfer data tersebut kita dapat menyediakan alat pendeteksi jaringan (networking monitoring tools). Alat - alat ini sangat canggih dan mampu bekerja secara maksimal yang mana dapat mendeteksi virus secara cepat. alat - alat tersebut diantaranya :    
    • Orion Network Performance Monitor. Alat ini dapat mendeteksi virus pada jaringan LAN atau WAN. alat monitor ini mampu memonitor virus pada data servers,routers, dan wireless access point serta memudahkan anda untuk browsing sambil memonitor jaringan anda.
    • IPSentry Network Monitoring Suite. IPSentry Network Monitoring Suite mampu memonitor sekaligus membasmi jenis virus, spyware, intruder dan Trojan, Kelebihan dari perangkat monitor ini adalah ketika virus dideteksi maka akan muncul signal serta muncul peringatan akan ada virus, maka kita dengan mudah menghilangkan virus tersebut.
    • PRTG Network Monitor.   dari kedua perangkat monitor diatas PRTG Network Monitor memiliki kelebihan, artinya alat ini dapat bekerja secara maksimal dengan semua jenis jaringan pada komputer
    • PC Tools Firewall Plus Free Edition 4.  Perangkat monitor jaringan ini tidak memiliki kelebihan yang istimewa karena hanya mampu mendeteksi virus dengan efek yang tidak berbahaya seperti ; Trojan horses dan spyware PC Tools firewall plus ini merupakan pengembangan dari teknologi yang digunakan untuk melawan virus tadi. Dan disarankan hanya dengan menggunakan  antivirus AVG.

5 komentar:

sherlina halim said...
This comment has been removed by a blog administrator.
sherlina halim said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Unknown said...

kenapa x masukkan kelebihan dan kekurangan PRTG ?

Unknown said...

kenapa x masukkan kelebihan dan kekurangan PRTG ?

Shikamaru Nara said...

mantab banget gan
pemotong sim card

Post a Comment

Privacy Policy - JARINGAN KOMPUTER Copyright @ 2017 -Plasidius Flavianus Daparto