Cara Meningkatkan Memori Virtual


Virtual memory merupakan kondisi pada saat dimana main storage (harddisk) tidak bisa menampung data (Document,file gambar/JPEG,PNG,dan lain-lain)sehingga data-data tersebut mengalami kelebihan kapasitas pada media penyimpanan yang satu ini…nah apabila keadaanya seperti ini jelas akan mengalami penumpukkkan data dan harddisk tidak bisa bekerja secara maksimal. Kita biasanya menemukan icon kuning pada sudut taskbar. Untuk mengatasi hal ini berikut saya akan jelaskan bagaimana agar media penyimpanan ini tetap bekerja secara maksimal…

Pertama-tama mari kita mencoba untuk memahami tentang memori virtual dan bagaimana cara membantu dalam mempercepat operasi komputer. Otak komputer memiliki 32-bit atau 64 - bit (AMD atau Intel) prosesor. Prosesor ini membutuhkan memori kerja untuk menyimpan data yang terkait dengan program-program yang berjalan. Untuk tujuan ini, RAM (Random Access Memory) digunakan. RAM bekerja dari komputer dengan ukurannya berapa banyak beban beban kerja atau pemrosesan.

Cara Meningkatkan Memori Virtual di Windows XP.

Meskipun versi baru sistem operasi Windows telah datang, banyak orang terus bekerja dengan Windows XP karena sangat stabil. Berikut adalah langkah sederhana untuk meningkatkan memori virtual pada sistem operasi Windows XP. 

1. Klik kanan dengan pada ikon 'My Computer' dan pilih opsi 'properti',  maka muncul tampilan berikut.

 












2. Selanjutnya klik pada tab "Advance" dan klik tab "settings" maka tampilannya seperti gambar dibawah ini.
 












3. Pada gambar berikut klik pada tab "Advance" lalu klik "change"...

 












4. Pada tampilan gambar berikut klik drive mana yang mengalami Virtual Memory dan pada Custom 
    size  tentukan Inital size dan Maximum size, lalu klik "set" apabila settingan sudah dilakukan

 












Meningkatkan nilai default oleh 100 MB sedikit di awal dan melihat apa efeknya terhadap kinerja. Jika  tidak merasa cukup, Anda dapat meningkatkan bahkan lebih. Untuk pengaturan tersebut akan diterapkan, Anda harus restart komputer.


Peningkatan Virtual Memory di Windows Vista

Untuk Windows Vista, sistem operasi, di sini adalah bagaimana Anda dapat meningkatkan ukuran memori virtual. Klik kanan pada 'My Computer' dan pilihan 'Properties' pilih. Klik pada 'Advanced System Settings'. Pada jendela yang akan terbuka, di bawah tab 'Advanced', klik pengaturan. Ada dalam, di bawah tab lain 'Advanced', klik pada tombol 'perubahan', di bawah bagian 'Virtual Memory'. Jendela lain akan muncul. Hapus tanda centang pada kotak centang ditulis di sebelah 'Otomatis mengelola ukuran paging file untuk semua drive. Pilih 'Custom' dan masukkan jumlah ukuran memori virtual yang Anda inginkan. Dua entri akan harus dibuat dalam mega byte. Salah satunya adalah 'Initial Size' dan yang lainnya adalah 'Ukuran maksimum'. Kemudian klik pada tombol 'Ok' dan restart komputer untuk pengaturan akan diterapkan. Memantau perbedaan kinerja komputer dan jika memori masih jatuh pendek, meningkatkan ukuran memori virtual lebih lanjut.
Salah satu cara lain untuk membebaskan lebih banyak RAM adalah untuk meng-uninstall program yang Anda tidak butuhkan dan membersihkan file yang tidak diinginkan dan data. Mengetahui trik ini sedikit tweaking dapat membantu Anda mengelola sumber daya memori dari komputer Anda dan membuat penggunaan yang optimal untuk menyelesaikan berbagai tugas.

0 komentar:

Post a Comment

Privacy Policy - JARINGAN KOMPUTER Copyright @ 2017 -Plasidius Flavianus Daparto